10 Prodi PTN Paling Favorit

0
Memilih Jurusan atau Program Studi (PRODI) favorit di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi kelas 12 SMA merupakan cita-cita dan harapan yang harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. Apa pasal? Hal ini karena peminat jurusan-jurusan yang termasuk jurusan atau Prodi favorit dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan persaingan yang luar biasa. 

Dengan dibaginya kuota untuk masuk PTN dengan pembagian, jalur undangan (SNMPTN) sebesar 50%, jalur ujian tulis (SBMPTN) sebesar 30% dan jalur ujian mandiri sebesar 20%, maka setiap siswa yang ingin masuk jurusan favorit di PTN yang favorit harus benar-benar memiliki strategi yang jitu untuk bisa mendapatkan Prodi yang diidamkan tersebut.


Berikut Okenyacom sajikan 10 Prodi Paling Favorit di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki banyak peminat. 

1. Psikologi/ Ilmu Psikologi

Prodi ini mengajarkan mahasiswanya untuk bisa meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan seseorang. Ilmu Psikologi juga sering kali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai aktivitas manusia yang cukup luas. Para lulusan prodi ini nantinya bisa meneruskan karier dalam bidang konseling, peningkatan sumber daya manusia atau mengajar. Di SNMPTN tahun lalu terdapat lebih dari 59 ribu peminat prodi ini.

2. Teknik Informatika/ Ilmu Komputer/ Teknologi informasi/ Sistem Informasi

Di era globalisasi ini, perkembangan informasi dan teknologi semakin pesat. Hal ini pula yang kemudian menjadikan 97 ribu peminat memilih Prodi ini pada SNMPTN 2014 lalu. Dengan semakin luas jangkauan karier prodi ini seperti menjadi programmer, web developer dan sebagainya, menjadikan jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati.

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Profesi seorang guru nampaknya kembali eksis setelah pada SNMPTN tahun lalu tercatat data lebih dari 81 ribu pendaftar untuk prodi PGSD. Untuk pilihan kariernya, lulusan prodi ini berpeluang mengajar di Sekolah Dasar baik di sekolah dasar negeri maupun swasta.

4. Ilmu Komunikasi

Pola pengajaran di prodi Ilmu Komunikasi tidaklah hanya sekadar berbicara, namun dalam prodi ini mahasiswa juga diajarkan untuk memaknai pesan dan menganalisis umpan balik apa yang tepat untuk disampaikan. Peluang karier lulusan prodi ini cukup luas mulai dari konsultan komunikasi, humas, staf pemasaran, jurnalis hingga analis. Prodi ini diminati oleh lebih dari 54 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu.

5. Manajemen

Dengan lebih dari 144 ribu siswa, Manajemen berada di posisi pertama prodi favorit SNMPTN 2014. Pemilih prodi ini akan memperoleh dasar-dasar keilmuan dalam mengatur suatu usaha serta memperkuat kemampuan dasar-dasar matematika, statistika dan ekonomi bisnis. Peluang karier prodi Manajemen cukup beragam di antaranya pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, manajer atau konsultan pemasaran, sampai wirausaha.

6. Akuntansi

Prodi ini tepat bagi para individu yang teliti. Lulusannya dituntut mampu menyusun dan menganalisa laporan keuangan. Peluang karier lulusan akuntansi cukup luas seperti staf auditor, asisten manajer keuangan, asisten manajer produksi dan lainnya. Pada SNMPTN 2014, prodi ini memiliki lebih dari 110 ribu peminat.

7. Hukum/Ilmu Hukum

Prodi ini nantinya akan membawa Anda kepada berbagai praktik hukum yang cukup luas mulai dari hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Adapun karier yang bisa ditekuni dari prodi seperti pengacara, peneliti hukum hingga dosen. Prodi ini dipilih lebih dari 70 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu.

8. Pendidikan Dokter

Menjamurnya berbagai rumah sakit baru belakangan ini tentu berbanding lurus dengan kebutuhan akan dokter di Indonesia. Hal ini sepertinya juga diikuti dengan jumlah peminat prodi ini yang cukup besar pada SNMPTN tahun lalu yakni mencapai lebih dari 60 ribu pendaftar.

9. Farmasi

Sama halnya dengan teknologi, Industri farmasi di Indonesia akan terus mengalami perkembangan. Hal ini menyebakan farmasi diminati oleh lebih dari 49 ribu siswa pada SNMPTN tahun lalu. Adapun peluang kerja terbuka cukup luas seiring berkembangnya industri farmasi. Tidak hanya menjadi apoteker, lulusan prodi ini nantinya juga akan dibutuhkan oleh perusahaan farmasi nasional maupun asing.

10. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Dalam prodi ini nantinya mahasiswa dituntut untuk mampu mengelola berbagai permasalahan yang ada di masyarakat untuk kemudian dicari solusinya. Pada SNMPTN 2014 lalu prodi ini juga semakin diminati dengan jumlah pendaftar lebih dari 48 ribu siswa. Adapun prospek kerjanya cukup luas mengingat semakin meningkatnya permasalahan kesehatan di masyarakat.
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !