Cara Oke Memegang Setir Mobil

Secara teori, salah satu teknik dasar mengemudi adalah dengan memegang setir mobil secara benar. Tapi pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang tidak bisa melakukannya dengan benar. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki teknik memegang setir mobil dengan baik.


Untuk memegang setir mobil secara benar, berikut ada beberapa tipsnya:
  • Posisi duduk diatur dan setir dipegang dengan tangan kanan atau tangan kiri dengan posisi pukul 12.00 lalu rentangkan tangan hingga lurus. Jika posisi ini sudah tercapai, letakkan tangan pada posisi pukul 09.00 dan 03.00 atau posisi pukul 10.00 dan pukul 02.00. Dengan posisi ini, Anda akan menjadi lebih sigap karena bisa mengetahui keadaan sekitar serta memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi.
  • Saat melalui belokan yang cukup sulit, jaga posisi tangan agar tidak menyilang. Sebelum memasuki belokkan yang sulit, tempatkan tangan pada posisi pukul 12.00. Jika Anda akan berbelok ke arah kanan, tempatkan tangan kanan pada posisi pukul 12.00 dan tangan kiri pada posisi 06.00. Jika Anda akan belok ke arah kiri, lakukan sebaliknya. Tangan kiri ditempatkan pada posisi jam 12.00 sedangkan tangan kanan pada posisi pukul 06.00
  • Usahakan agar tangan kanan tidak menyebrang ke kiri atau melewati posisi pukul 12.00 dan juga sebaliknya. Gerakan tangan kanan diperbolehkan dari posisi pukul 12.00 maju ke posisi pukul 06.00, sedangkan tangan kiri dari posisi pukul 12.00 mundur ke posisi pukul 06.00.
Demikian tips atau cara yang bisa Anda gunakan untuk memegang setir mobil yang Anda miliki. Dengan teknik dan cara yang benar, kecil kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan saat mengendarai mobil di jalan raya.
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !