Benarkah Google Mulai Ditinggalkan Gen Z dan Beralih ke Tik Tok Search? Begini Faktanya

0

Sudah sekian lama Google menjadi tempat utama untuk mencari informasi. Namun zaman berubah, para generasi Z atau sering disebut Gen Z, dilaporkan meninggalkan Google dan memilih layanan berbagi video, Tiktok.

Hal ini terungkap dalam data terbaru firma riset Morning Consult. Sebenarnya angkanya belum terlalu besar dibandingkan dengan Google, namun mengalami pertumbuhan signifikan mengingat Tiktok bukanlah platform mesin pencarian.

Tercatat hingga Februari 2023, ada 14% Gen Z (1995-2010), mengaku mencari informasi melalui TikTok. Sementara itu, yang menggunakan Google berjumlah 39%.

Sementara pada rentang umur lain, seperti baby boomers (1946-1964), Gen X (1965-1976), dan milenial (1977-1994), tetap menggunakan Google untuk sumber pencarian informasi utama.

Ancaman Tiktok ini juga disadari betul oleh Google. Ini terlihat dalam data yang dibagikan Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan, yang mengambil sampel remaja usia 18-24 tahun.

Dalam riset internal Google, 40% Gen Z lebih memilih mencari informasi di Tiktok dibandingkan produk Search. Informasi yang dicari kebanyakan seputar perencanaan liburan, produk skincare, restoran, tempat nongkrong, dan makanan.

Setengah dari obyek penelitian juga ternyata lebih memilih Tiktok dan media sosial lain Instagram dibandingkan Google Search dan Maps.

Dua anak muda yang memilih Tiktok adalah Anne-Christine (21) dan Talia Magee (24). Christine menjelaskan generasinya lebih suka melihat informasi dengan format visual.

"Memang bisa melihat produk dan informasi dengan membaca. Tetapi lebih gampang jika menontonnya," kata dia.

Magee menambahkan jika mencari informasi di Tiktok lebih gampang. Terlebih platform asal China itu juga memiliki fitur 'predictive text', jadi pengguna tak perlu mengetik lengkap karena akan dibantu algoritma untuk memberikan rekomendasi dari keyword awal.

"Saya dan teman-teman lainnya yang seumuran lebih gampang belajar dan memahami sesuatu dari visual. Dengan TikTok, sangat cepat dan gampang mencari informasi yang saya minati lewat video." jelas Magee. 

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !