Cara Oke Mengenal Bakteri

0
Bakteri merupakan makhluk hidup yang sangat kecil (lebih dikenal dengan nama mikroorganisme) yang terdapat diseantero bumi. Mereka hidup di tanah dan di dasar laut. Mereka melayang di udara dan hidup di tubuh makhluk hidup. Mereka bukan tumbuhan, bukan binatang,  dan bukan pula jamur. Dalam klasifikasi makhluk hidup, mereka masuk ke golongan Monera.


Bakteri berbentuk kecil, tapi ini tidak berarti mereka semua memiliki bentuk yang sama. Berikut ini 4 bentuk bakteri yang bisa Anda ketahui:

1. KOKUS

Memiliki bentuk sebulat kelereng. Tapi sama sekali tidak semenyenangkan kelereng. Bakteri ini suka berkumpul dan menyebabkan sakit tenggorokan, pneumonia dan bisul.

2. BASIL

Berbentuk batang. Bakteri inilah yang menyebabkan penyakit paru-paru TBC. 

3. SPIROCHAETA

Terlihat seperti pasta yang melenting. Sebagian dari tipe bakteri ini menyebabkan penyakit arthritis

4. VIBRIO

Berbentuk melengkung dan terlihat menakutkan bila dilihat lebih dekat dengan kaca pembesar. Bentuknya mirip tanda koma kecil dan bisa menyebabkan semua jenis penyakit perut.

Selain bentuknya yang bervariasi, bakteri juga memiliki sifat mematikan, berbahaya juga menjijikan. Berikut 4 bakteri jahat yang bisa Anda ketahui.

1. CAMPYLOBACTER

Pernah menderita diare parah? Kemungkinan makhluk inilah penyebabnya. Bakteri ini menyerbu usus melalui makanan yang dimasak setengah matang. Kemudian setelah masuk ke daerah perut, ia akan mengeluarkan racun yang bisa menghancurkan dinding lendir usus.

2. CLOSTRIDIUM TETANI

Pernah disuntik tetanus? Ternyata suntikan ini bisa melindungi dari bakteri Clostradium Tetani. Karena jauh dibawah tanah, hampir disemua tempat di dunia, ada spora Clostradium yang tidur. Infeksi akan dimulai ketika spora masuk kedalam luka atau borok. Spora itu akan berkembang biak, sama seperti biji yang tumbuh menjadi tanaman. Bakteri ini akan memperbanyak diri dan memproduksi racun saraf yang membuat otot mengalami kejang-kejang yang parah. 

3. E. COLI

Bakteri ini paling sering ditemukan di kotoran binatang ternak. Bakteri ini bisa membuat Anda menderita penyakit diare yang parah bahkan bisa menghancurkan semua organ didalam tubuh manusia. Cara agar kita terhindar dari bakteri E.Coli ini adalah dengan memasak makanan yang bahannya berasal dari binatang dengan memasak sampai benar-benar matang. Jangan mengkonsumsi daging yang masih berwarna merah muda. Cuci juga garpu atau pisau yang telah bersentuhan dengan daging mentah sebelum menggunakanya kembali dan selalu cucilah tangan Anda setelah menyentuh daging mentah.

4. LEGIONELLA

Pada tahun 1970-an, sekelompok pria yang menjadi anggota sebuah organisasi bernama legiun Amerika pergi ke sebuah konvensi di Philadelpia. Ketika berada disana, banyak dari mereka yang sakit parah karena infeksi paru-paru serius yang kemudian dikenal sebagai penyakit legiun. Penyebabnya adalah hembusan udara yang mengandung bakteri dan menjangkiti seluruh penghuni hotel. Para ilmuwan sepakat menamai jenis bakteri ini sesuai dengan orang-orang malang yang sakit parah tersebut.
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !