Tips Oke Merawat Hard Disk Laptop dan Komputer

Dalam perangkat PC (Personal Computer) maupun Laptop, terdapat komponen-komponen yang memiliki peran penting, salah satu diantaranya dikenal dengan sebutan hard disk.  Ya, hard disk merupakan salah satu komponen dalam PC atau laptop yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data. 

Mungkin barangkali banyak diantara pembaca portal ini yang sudah memahami pengertian dan fungsi dari hard disk. Sebagai tambahan, maka ada baiknya Anda mengetahui pula tentang cara merawat hard disk secara benar agar hard disk tidak cepat mendapatkan bad sector. Hal ini sangat penting diketahui karena hard disk merupakan media yang sangat vital dalam komputer yang mana didalamnya semua sistem dan data komputer Anda semua tersimpan. maka jika hard disk Anda rusak, apakah itu karena virus, bad sector, ataupun sistem yang tidak terbaca oleh komputer ataupun hal lain, maka ini akan cukup merepotkan kita.

Prinsip umum cara kerja hard disk adalah melalui sebuah piringan besi atau yang lebih familier disebut dengan platter dengan penggerak motor yang bekerja dengan menggerakkan sebuah head untuk melakukan proses input dan output sebuah data. Dengan proses kerja yang seperti itu bisa membuat media yang satu ini menjadi sangat sensitif terhadap getaran atau benturan ketika sedang beroperasi. Penyimpanan file yang bertumpuk dan tak beraturan juga bisa menimbulakan terjadinya kerusakan pada platter yang sering disebut sebagai bad sector.


Tips berikut bisa Anda terapkan sebagai cara yang berfungsi untuk merawat hard disk pada PC atau laptop yang Anda miliki.

Lakukan Defragment Secara berkala

Defragment merupakan suatu proses pada operasi sistem komputer yang berfungsi untuk merapikan objek program yang sebelumnya tak beraturan atau teracak-acak. Dengan menggunakan fasilitas defragment, maka objek dari program yang tak beraturan akan tertata rapi kembali. Defragment pun akan membuat komputer Anda menjadi sedikit lapang dan bisa mempercepat proses kerja komputer.

Untuk melakukan defragment, Anda bisa menuju ke Drive C - klik kanan Properties - Pada menu properties pilih Tools lalu lihat menu Defragment now (Lihat gambar)


Proses defragment bisa memakan waktu kurang lebih 1 sampai 3 jam tergantung dari kapasitas hard disk Anda. Tunggulah sampai selesai. Setidaknya dengan melakukan defragment secara teratur beberapa bulan sekali pada komputer Anda, maka komputer Anda akan sedikit ringan dan terjaga dari kerusakan.

Lakukan Disk Clean Up Secara Teratur

Disk Cleanup berfungsi untuk membersihkan file-file sampah atau biasa disebut dengan file-file temporary yang sudah tidak terpakai, atau biasanya sisa-sisa dari file uninstall dari sebuah aplikasi.

Untuk melakukan Disk Clean Up, Anda bisa dengan melakukan klik kanan Drive C - Properties - lalu pilih tab General - kemudian pilih Disk Cleanup (Lihat gambar)


Anda bisa menunggu prosesnya sampai selesai. Biasanya proses disk clean up ini memerlukan waktu kurang lebih 1 jam.

Menjaga Kapasitas Hard Disk

Langkah ketiga merupakan langkah yang mudah. Anda harus menyisakan 20% kapasitas hard disk agar kesehatan hard disk dapat terjaga dan dapat bekerja dengan ruang yang sedikit lega.

Dengan mengikuti dan mengerjakan ketiga tips diatas, mudah-mudahan hard disk yang Anda miliki akan senantiasa terjaga dan memiliki umur yang panjang.
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !