Tips Oke Memeriksa dan Merawat Ban Mobil

Ban merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Tanpa ban tentunya mobil tidak akan berjalan sesuai fungsinya. Untuk itu keadaan ban juga harus selalu diperiksa secara rutin, terutama sebelum dijalankan. Hal ini karena ban mobil memiliki peranan yang vital bagi pengguna mobil itu sendiri. Jika ban mobil tidak dikontrol (tekanan angin, tekanan ban dan alur kedalaman) maka bisa membahayakan keselamatan seluruh penumpang mobil.


Untuk melakukan perawatan terhadap ban mobil Anda, lakukanlah beberapa hal berikut ini:
  • Jaga tekanan udara didalam ban mobil agar selalu sesuai dengan anjuran. Biasanya setiap prosusen mobil telah mencantumkan ukuran tekanan ban yang pas dibagian sisi belakang pintu, tiang pintu, pintu laci dashboard, dibalik tutup tangki bahan bakar atau dibuku manual pengguna. Sedangkan angka yang tertera pada bagian dinding ban adalah besarnya tekanan maksimum untuk ban tersebut.
  • Cek tekanan ban Anda secara rutin, paling tidak sebulan sekali.
  • Alur kedalaman ban juga harus selalu diperiksa, apakah masih cukup dalam atau tidak. Jika alur ban mobil masih cukup dalam, maka mobil akan terhindar dari slip atau tergelincir, meledak dan juga melayang diatas air (aquaplaning).
Demikian informasi yang bisa Anda aplikasikan untuk menjaga dan merawat ban mobil yang merupakan salah satu bagian vital dari mobil yang harus selalu Anda kontrol keberadaannya.
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !